mp3

Sabtu, 08 Desember 2012

Tv Samsung CB501EV Mati Total

Sahabat seluruh dunia kali ini saya menjumpai pasien tv Samsung Hitron model CB501EV dengan problem mati total.Sebelum saya buka kabinetnya lebih dulu saya coba nyalakan.Jack ACnya saya hubungkan pada jala listrik kemudian tombol power tv itu saya tekan ternyata tidak menimbulkan respon yang berarti.Akhirnya kabinet tv itu saya buka pekerjaan menservispun dimulai.Saya cek tombol powernya saya ukur pada pin antar pin saklar itu dengan AVOmeter posisi 1kali ohm ternyata pada alat ukur tidak menunjukan respon.Saya lepas saklar itu kemudian saya bongkar ternyata didalamnya banyak dijumpai banyak semut yang sudah mati.Saya bersihkan semut itu pakai kuat cat,kemudian saya pasang kembali salkar itu pada posisinya semula.Kemudian tv saya nyalakan kembali,tv nyala normal saya pasankan saluran antenanya ternyata gambar dan suara normal.Kemudian saya trkan cursor chanel posisi + untuk melihat beberapa siaran tv.Tiba tiba tv stanbay setelah tombol cursor program+ saya tekan kembali tv on normal kembali.Hal itu terjadi berulangkali ,saya memutuskan untuk mengganti tombol cursor program.Tv saya nyalakan kembali,tombol cursor progran+ saya tekan berulangkali tv itu sudah tidak menunjukkan keadaan stanby lagi.Akhirnya kabinet tv itu saya tutup kembali pertanda pekerjaan terselesaikan.Berikut ini saya sertakan sedikit data komponen utama tv itu menggunakan ic chroma TDA8841.ic vertikal TDA83565,transistor horisontal 2SD5386.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar